Pemilik toko pizza di kota Multan, Pakistan, Azan Jagir bersukacita. Bisnis pizzanya meledak laku keras gara-gara tokonya mempekerjakan robot pelayan. Robot pelayan itu berpenampilan seperti pelayan restoran berjenis kelamin perempuan bertubuh pendek dan ramping. Robot mengenakan penutup leher berbaju panjang dan dilengkapi celemek.

Jafri mengatakan robot di toko Azan Jagir bisa menyapa pelanggan dan membawa pizza ke meja pelanggan. Inovator robot pelayan,  yaitu ayahnya, Aziz,  sedang mengerjakan improvisasi robotnya dan mencoba membuat pengunjung restorannya semakin akrab dengan robotnya.

Osama Jafri, anak Aziz, insinyur yang mendesain robot seberat 25 kilogram itu, mengatakan, si robot pelayan bisa mengucapkan salam kepada para pelanggan dan membawa pizza ke meja mereka. Osama mengatakan dirinya memasang syal di sekitar leher robot agar tidak menyinggung pelanggan konservatif.

Menurut dia, tingkat pembelian piza melalui Pizza.com di kota Multan meningkat dua kali lipat sejak mereka menggunakan tenaga robot, Februari lalu. Aziz sang ayah dan pemilik restoran, punya tiga robot pelayan dan berencana membuka cabang baru.

AP / LOK.