Seorang pengunjung mengambil piza dari nampan yang dibawa robot pramusaji. Robot pramusaji pertama Pakistan itu tersenyum kepada pengunjung di restoran itu, Selasa (4/7), di kota tua Multan yang dikenal sebagai tempat suci Sufi, perkebunan mangga, dan kerajinan itu. Miturut pemilik restoran, Osama Safari, yang membuat prototipe sendiri inovasi itu mendapat respons bagus dari para konsumen.

Sang pemilik toko sekaligus pembuat robot, Osama Jafari mengatakan bahwa keberadaan robot tersebut merupakan bisnis baru. “Ini adalah inovasi baru,” kata pelanggan lain, Hamid Bashir. “Rasanya enak dilayani seperti itu dan menjadi hiburan yang bagus untuk anak-anak.”

Kini Pakistan memiliki robot pelayan pertamanya bagi pelanggan piza. Robot menyajikan makanan dengan senyuman untuk pelanggan di sebuah restoran piza kelas atas di kota kuno, Multan. Kota ini lebih dikenal sebagai tempat suci sufi yang berusia berabad-abad.

Jafari mengatakan membuat semua bagian untuk robot pelayan piza itu dengan bahan-bahan lokal, menghabiskan dana sebesar 600 ribu rupee Pakistan atau sekitar Rp 76 juta. Dia mengaku tengah mempersiapkan robot generasi berikutnya, yang menurutnya akan lebih interaktif, mampu menanggapi pertanyaan pelanggan. Ia berharap bisa mendistribusikan robotnya ke restoran keluarga di kota Hyderabad, Pakistan selatan.

BBC.

Iklan