Lebah pekerja dan ratu yang terpapar neonicotinoid ( bahan aktif insektida ) dari tanaman mengalami kematian dini dan menurunkan kesehatan koloni dalam sarang. Hasil riset biologis York University di Amerika Serikat menunjukkan, serbuk sari ( pollen) terkontaminasi neonicontioned yang dikumpulkan lebah madu berasal dari tanaman yang tumbuh dekat lahan pertanian pengguna insektisida.

Para petermak lebah mengenakan baju pengaman saat mengumpulkan sarang lebah di Rafah, Gaza, Palestina, 11 April 2016. Masyarakat memanfaatkan lebah sebagai pengobatan alternatif, menghasilkan madu, dan propolis yang berguna bagi kesehatan.  Saat mengumpulkan sarang lebah , peternak menemukan sejenis neonicotinoid yang disebut imidacloprid di sarang lebah liar.

Amro Zayed, profesor biologi pada Fakultas Ilmu Pengetahuan dari York University,Kamis ( 29/6 ) menjelaskan, tim periset mempelajari 5 koloni lebah madu di kebun jagung yang terpapar neonicotinoid dan 6 koloni lebah madu yang jauh dari area pertanian. Pengukuran insektisidapada 11 koloni ini dipantau ekstensif pada Mei sampai September lalu.

Sumber : Kilas Iptek / Science Daily / ICH.

 

Iklan