Jude Plum ( 71 ) membeli rumah bobrok berukuran kecil yang terletak di depan rumah masa kecilnya dulu. Ternyata, rumah bobrok yang kemudian ia renovasi itu adalah rumah kayu berusia 300 tahun, yang berarti rumah paling tua di area Bryn Mawr, Pennsylvania, Amerika Serikat. Kepada The Philadelphia Inquirer, Plum mengatakan, dirinya membeli rumah itu empat tahun lalu.

Setelah membersihkan lima lapisan luar rumah, Plum menemukan sebuah rumah kayu yang tidak pernah disentuh sejak tahun 1704. Sejak itu Plum memperbaiki rumah tersebut, memisahkan bagian-bagian rumah dan membangunnya kembali dari awal. Plum membangun rumah  itu dengan kontraktor yang membantunya melacak kayu dari rumah kabin lainnya yang dibangun pada abad ke-18, untuk mengantikan kayu rumah kabinya yang rusak parah.

Awal proses renovasi dilakukan hati-hari mengingat kayu berusia 300 tahun terselip di bawah fasad plesteran, sudah cukup tua dan rapuh.
Fotografer Max Buten / Historical Society

Sebuah foto pada hari Selasa, 27 Juni 2017 menunjukkan Jude Plum berdiri di depan rumahnya yang berusia 500 tahun. Rumah kayu tua milik Jude Plum sebagai salah satu rumah tertua di Lower Merion Township. Selama empat tahun, dia menghabiskan banyak waktu dan uang untuk meneliti dan mengembalikan rumah kayu tersebut ke bentuknya semula, yaitu 300 tahun lalu saat dibangun. Rumah kayu Jude Plum berdiri tepat di samping Rumah Sakit Bryn Mawr. Foto : ( Steven M. Falk / Philadelphia Inquirer via AP )

Kini rumah mungil itu kembali berdiri dan luar biasa indah. Pagar depan dihias dengan tempelan batu bata merah, dekorasi dalam rumah pun terkesan antik, vintage, dan etnik. Plum tidak menyebutkan berapa biaya renovasi yang ia keluarkan untuk mempercantik rumah mungil itu.

Namun, ia berharap rumah tersebut dapat masuk dalam daftar nasional tempat bersejarah. ” Rumah ini menunjukkan awal dari negeri kita, ” kata Plum.

AP / LOK.

Iklan