Pantai kota Oostende, Belgia, kini berubah menjadi galeri patung pasir raksasa, menampilkan karakter superhero, kartun, hingga istana Cinderella, saat berlangsungnya Festival Patung Pasir Ostend, festival patung terbesar di dunia. Sebanyak 32 seniman mengolah 7.000 ton pasir selama lima pekan, menghasilkan 150 karya yang dipamerkan sejak akhir pekan lalu hingga September. Sejumlah pematung yang biasa bekerja dengan kayu atau marmer mengaku, patung pasir tidak mudah dibuat.

Galeri patung pasir raksasa dalam Festival Patung Pasir Ostend. Ilustrasi : Handining.

Pemahat pasir Franco Daga dari Italia bekerja membuat sebuah patung pasir selama berlangsung Festival Patung Pasir Oostend.

Patung Pasir Captain America Sampai Mickey Mouse juga dibuat dalam festival kali ini, melibatkan 32 seniman, menggunakan 7000 ton pasir, menghasilkan karya seni 150 patung pasir.

Patung yang dibuat  32 seniman dengan menggunakan pasir ini tidak mudah dilakukan. Jika angin bertiup, maka pasir akan luruh berhamburan. Begitu unik dan perlu ketelitian saat membuat patung selama rangkaian festival memahat pasir, Sand Sculpture Festival ‘Disney Sand Magic’ di Ostend, Belgia berlangsung, sejak 22 Juni 2017 hingga September. Foto : Yves Herman/ REUTERS

” Yang mengasyikan, Anda harus sangat mengandalkan indera peraba. Saya biasa membuat patung es, dan pasir jauh lebih rentan, ” ujar pematung Rusia, Sergey Zaplatn. Harapannya, semoga tidak hujan ya? Jika hujan, pasir patung akan luruh berantakan.

Reuters / WAS.

Iklan