Bagaimana rasanya memecahkan perhiasan yang mahal harganya? Seorang perempuan wisatawan pingsan setelah tak sengaja memecahkan gelang dari batu giok seharga 300.000 yuan atau sekitar Rp 580 juta. Surat kabar Chengdu Economic Daily memberitakan, insiden ini terjadi di sebuah toko perhiasan di Rulli, Provinsi Yunnan, China, 18 Juni lalu.

Perempuan yang tidak disebutkan namanya itu terlihat panik setelah gelang mahal yang sedang dicobanya itu terlepas, jatuh ke lantai, dan pecah berantakan. Lin Wei, putra pemilik toko perhiasan, itu mengatakan, pegawai toko lalu memberi tahu harga gelang itu, sesuai yang tertera di label harga. ” Kami memintanya untuk tetap tenang dan masalah ini dapat diselesaikan dengan baik, ” kata Lin.

Turis perempuan panik setelah dirinya tak sengaja memecahkan gelang dari batu giok di toko perhiasan Ruili, Provinsi Yunan, China. Ilustrasi : Handining.

” Namun, dia terlihat semakin panik, pucat, dan kehilangan kesadaran.” Petugas toko kemudian memanggil paramedis yang menyadarkan turis itu dan memeriksanya. Setelah lama berdebat, turis itu dan pihak toko tidak sepakat soal uang ganti rugi yang harus dibayarkan.

Wanita turis itu pingsan setelah diberi tahu harga gelang giok yang dia coba, mahal harganya. Gelang batu giok yang dia pegang tiba-tiba jatuh terlepas dari tangannya dan pecah berantakan. Insert photo, gelang batu giok patah. Photo : WEIBO.

Kedua pihak pun berniat membawanya ke pengadilan. ” Keluarga kami tidak punya pilihan, perhiasan itu nilainya amat mahal, ” ujar Lin. Gelang batu giok itu akhirnya dinyatakan bernilai 180.000 yuan atau sekitar Rp 354 juta setelah dilakukan penilaian oleh Asosiasi Perdangan Perhiasan dan Batu Permata Ruili.

WAS.

Iklan