Joshua Corney, anggota Dewan Kota Glen Rock, Pennysylvania, Amerika Serikat, diminta membatasi kebiasaannya menyiarkan lagu menggunakan pengeras suara. Dewan Kota memutuskan, Corney tak bisa lagi menyiarkan lagu keras-keras pada Minggu malam dan hari nasional, seperti Hari Kemerdekaan 4 Juli, Hari Kenangan pada Senin terakhir Mei, dan Hari Patriot, Senin ketiga April. Corney absen pada pemungutan suara karena baru menjalani operasi lutut.

Menyetel lagu keras itu kesukaan saya, begitu ujar Joshua Corney. Musik keras yang disetel Joshua membuat tetangganya terganggu. Untuk itulah Dewan Kota Glen Rock melarangnya, membunyikan musik keras lewat pelantang suara yang terpasang di samping rumah Joshua. Ilustrasi : Handining

Dewan bersidang karena tetangga Corney mengeluhkan kebisingan setiap kali anggota dewan itu menyetel musik dengan pengeras suara. Corney, mantan mayor angkatan laut yang bertugas di Irak dan Afganistan, mengatakan, dia melakukan itu setiap pukul 8 malam untuk menghormati anggota militer AS yang gugur dalam perang.

Joshua Corney veteran perang Irak dan Afganistan mau menyetel musik lembut, asal ada alasan kuat yang melatari dilarangnya dia membunyikan musik keras lewat pelantang suara. Musik keras diperdengarkan untuk mengormati prajurit Amerika Serikat yang gugur di medan perang Irak dan Afganistan.

Namun, dia bersedia berkompromi. ” Saya mau berkompromi asal ada alasan kuat, ” ujarnya. Lagi pula, ada alasan keamanan. ” Kalau sekarang dimatikan, orang akan mengira rumah ini kosong.”

AP / WAS.

Iklan