Bagaimana ketika sebuah pohon besar setinggi puluhan meter dipindahkan lokasinya? Tentu memicu kehebohan. Hal itu juga terjadi saat pohon besar Sequoia ( Sequoiadendron giganteum ) setinggi 30 meter yang menjadi tengara kota Boise Idaho, Amerika Serikat, dipindahkan sejauh dua blog dari tempat semula.

Para pekerja berupaya memindahkan pohon besar tersebut pada Jumat ( 23/6 ). Pohon Sequoia itu ditanam ketika masih berupa bibit kecil yang dikirimkan oleh pakar tumbuhan John Muir lebih dari satu abad lalu dan ditanam di halaman Rumah Sakit St Luke, Idaho. Karena rumah sakit perlu diperluas, pohon besar itu terpaksa dipindahkan.

Pohon sequoia raksasa sebagai penanda ciri khas kota Boise tumbuh rindang menaungi halaman rumah Sakit St Luke. Sequoia,  si Pohon raksasa, ditanam sekitar tahun 1912, akan pindah ke tempat barunya. Pemindahan pohon sequoia memerlukan dana tak sedikit, sekitar 300.000 dollar AS.

Pekerja dibantu alat berat mulai memindahkan pohon raksasa Sequoia ke tempat yang baru, sejauh dua blok dari tempat semula.

” Kami semua berharap agar pohon tersebut bisa dipindahkan ke lokasinya yang baru, ” ujar Mary Grandjean, cucu perempuan dari ahli kehutanan Idaho yang menerima bibit pohon Sequoia dari Muir sekitar tahun 1912. Namun, pemindahan pohon Sequoia terbesar di Idaho itu memerlukan dana yang sangat besar, mencapai 300.000 dollar AS ( Rp 3,9 miliar ).

” Kami mengerti betapa pentingnya pohon ini bagi masyarakat setempat, ” kata Anita Kissee, juru bicara Rumah Sakit St Luke. Karena itu, menebang pohon tersebut tidak pernah menjadi pilihan.

AP/ LOK.

Iklan