Laboratoriom Propulasi Jet ( JPL ) merupakan bagian dari Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat ( NASA ) yang bertanggung jawab dalam misi pesawat luar angkasa nirawak untuk menjelajah tata surya. Kini mereka juga menjelajah tubuh manusia untuk mencari penyebab kanker payudara. Kolaborasi riset kanker payudara itu untuk memahami bioma mikroba di dalam saluran payudara di bawah kulit yang mengalirkan susu ke puting.

Penyakit kanker payudara ini dapat di picu oleh berbagai macam faktor. Selain karena faktor keturunan atau gen, pola hidup yang buruk juga dapat memicu penyakit ini. Dan berikut beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya kanker payudara. Di antaranya, alkohol, rokok, obesitas, kontrasepsi oral, dan faktor usia. Foto: Ilustrasi kanker payudara/Thinkstock.

Hampir semua kasus kanker payudara bermula dari saluran payudara. Hasil penelitian sebagaimana disebutkan dalam Scientific American, 18 April lalu, terdapat bioma mikroba dalam saluran payudara yang berbeda antara pasien sehat dan mereka dengan riwayat kanker.

Sumber : Kilas Iptek / Scientific American / ELD.

Iklan