Mencuri adalah pelanggaran hukum meskipun yang dicuri hanyalah alpukat. Apalagi jika nilainya mencapat 300.000 dollar AS atau hampir Rp 4 miliar. Polisi Ventura County, California, Amerika Serikat, menangkap Joseph Valenzuela ( 38 ), Charlos Chaves ( 28 ), dan Rahim Leblanc ( 30 ), tiga pekerja perusahaan penghasil alpukat Mission Produce.

Mereka dijebloskan ke penjara dengan tuduhan pencurian alpukat secara besar-besaran dan hanya bisa bebas dengan tebusan masing-masing senilai 250.000 dollar AS. Polisi mulai mencurigai ketiganya sebulan lalu setelah menerima petunjuk mereka menjual alpukat tanpa izin di fasilitas pemanenan milik Mission Produce di Oxnard.

Ketiga pegawai perkebunan alpukat dijebloskan ke dalam penjara, gara-gara menjual alpukat senilai Rp 4 miliar. Ilustrasi : Didie SW.

Buah alpukat milik perusahaan penghasil alpukat, dicuri ketiga pekerjanya. Buah alpukat nilainya tak seberapa jika hanya 1 buah. Akan tetapi jika yang dicuri ribuan buah alpukat senilai 4 milliar rupiah, maka kasus pencurian ini sudah masuk ranah hukum. Pelakunya pun berhasil ditangkap dan dijebloskan ke penjara. Jika ingin bebas, mereka harus menyiapkan uang tebusan senilai 250.000 dollar AS.

” Kami menilai pencurian ini sangat serius. Ini produksi unggulan daerah kami. Di California semua orang menyukai alpukat, ” ujar Sheriff John Franchi kepada harian Los Angeles Times.

AP /WAS.

Iklan