Perpustakaan West Hartford di Connecticut, Amerika Serikat, pekan ini, mendapat kejutan. Para anggota staf perpustakaan tidak menyangka sebuah buku yang dipinjam dari perpustakaan itu sejak 52 tahun lalu akan kembali. Anggota staf perpustakaan, beberapa hari lalu, dikejutkan dengan kedatangan seseorang tak dikenal yang mengembalikan sebuh buku disertai catatan permintaan maaf karena telah 52 tahun terlambat mengembalikan buku.

Pengelola perpustakaan, seperti diberitakan situs upi.com, mengunggah foto di halaman facebook Perpustakaan West Hartford yang memperlihatkan catatan permintaan maaf tersebut. Kartu peminjaman yang berisi pemberitahuan bahwa seharusnya buku dikembalikan pada 29 September 1965 juga diunggah.

Akhirnya buku ini kembali ke perpustakaan lagi setelah dipinjam selama 65 tahun.

Biasa bagi peminjam jika lupa mengembalikan buku ke perpustakaan. Ia cukup berkata, ” Mohon Maaf, terlambat mengembalikan buku tepat waktu, ” Ilustrasi : Handining.

” Kami kembalikan buku ini kepada Anda setelah bertahun-tahun. Mohon maaf jika meminjamnya begitu lama, ” demikian isi catatan permintaan maaf tersebut. Pengelola perpustakaan menyatakan, buku yang dipinjam itu berjudul Who Has Seen the Wind karya W.O. Mitchell.

Pengembalian buku setelah berpuluh-puluh tahun dipinjam tentu membuat para anggota staf perpustakaan merasa perlu menyampaikan terima kasih. ” Terima kasih kepada Anda yang telah mengembalikan buku ini ke perpustakaan kami tadi pagi, ” demikian pernyataan pengurus perpustakaan di Facebook.

LOK.

Iklan