Air limbah dari toilet, kamar mandi, dan mesin cuci di masa depan bisa menjadi produk berharga dengan bakteri anammox. Bakteri itu menjadi subyek studi yang dipimpin Daniel Noguera dan Katherine McMahon, profesor teknik sipil dan lingkungan di Universitas Wisconsin-Madison, Amerika Serikat. ” Bakteri itu menghilangkan amonium secara anaerobik ( bebas oksigen ) “.

Sebuah pabrik pengolahan air limbah di Madison, Wisconsin. ” Sepuluh tahun dari sekarang, pabrik pengobatan yang khas mungkin akan terlihat sangat berbeda dari sekarang,” kata peneliti Daniel Noguera. Foto: Madison Metropolitan Sewerage District.

Profesor teknik sipil dan lingkungan UW-Madison Daniel Noguera ( kiri ) dan Katherine McMahon ( kanan ) mempelajari bagaimana bakteri anammox dapat memperbaiki metode pengolahan air limbah konvensional. Foto: Stephanie Precourt.

Ini penting karena 50 persen biaya operasional pabrik limbah untuk memompa oksigen ke dalam air, kata Noguera, Rabu ( 31/5 ). Pabrik pengolahan limbah konvensional mengubah amonium beracun bagi ikan menjadi gas nitrogen dan nitrat.

Gas nitrogen dilepaskan ke atmosfer, dan nitrat di air olahan. Nitrat berkontribusi pada tumbuhnya alga di air untuk menekan kadar oksigen bagi organisme air.

Sumber : Kilas Iptek / Science Daily / JUM.

Iklan