Vitamin D dari sinar matahari diketahui berfungsi mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh serta mendorong pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan tulang, gigi, dan otot. Namun, tim peneliti dari Queen Mary University, London,  Kamis ( 16/2 ), menunjukkan, vitamin D juga bisa mencegah influenza dan pilek dengan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap bakteri dan virus.

Berjemur untuk mendapatkan Vitamin D yang didapat dari sinar matahari sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Berjemur dilakukan di pagi hari sekitar pukul 6.30 hingga 8.00 saat matahari mulai merayap naik di atas chakrawala.

Tim ini menguji pemberian suplemen vitamin D kepada 11.321 orang dalam 25 kelompok. Riset menunjukkan, satu dari 33 orang yang diberi suplemen vitamin D terhindar dari influenza. Rasio itu lebih baik daripada vaksinasi influenza yang menghindarkan satu dari 40 orang.

Andrian Martineau, salah seorang peneliti mengatakan, konsumen suplemen vitamin D harian atau minguan menghindarkan seseorang dari infeksi saluran pernapasan akut, yang mencakup pilek, influenza, dan pneumonia.

Sumber : Kilas Iptek / BBC / MZW.

Iklan