Sebuah pantai yang lenyap lebih dari 30 tahun lalu dari pulau terpencil, yakni Pulau Achill, Irlandia, tiba-tiba muncul kembali setelah ribuan ton pasir berpindah ke garis pantai yang berbatu. Pantai sepanjang 300 meter di dekat desa kecil bernama Dooagh itu hilang pada 1984 ketika badai kuat menerjang kawasan itu. Tak ada yang tersisa selain tumpukan batu.

Pada 1984, pantai Dooagh di Achill Island, barat daya Irlandia, hilang dari permukaan bumi. Badai besar yang melanda kawasan itu membuat pantai yang biasa digunakan warga setempat untuk tamasya alias bersenang-senang, menjadi tinggal batuan karang. Pada April 2017 lalu, pantai itu muncul kembali.

Namun, setelah permukaan laut pasang surut bulan lalu, warga setempat kaget karena pasir pantai yang hilang itu kembali ke tempat semula. Harian Irish Times melaporkan, pantai itu dulu populer dan selalu dipenuhi wisatawan. Sampai sekarang masih ada empat hotel dan sejumlah wisma di sepanjang pantai barat Pulai Achill yang dihuni 2.600 jiwa itu.

Reuters / LUK.

Iklan