Intelegensia buatan mencetak sejarah dengan mengalahkan otak manusia untuk pertama kalinya dalam permainan poker. Libratus, intelegensia buatan yang dibangun oleh Carnegie Mellon University dan menelan biaya 1,7 juta dollar AS, berhasil mengalahkan empat pemain poker profesional top dalam laga 20 hari yang berakhir Selasa lalu di Philadelphia. Meski dua dekade lalu, mesin telah berhasil mengalahkan otak manusia dalam permainan catur dan checker, kemenangan Libratus terbilang penting mengingat poker merupakan permainan dengan informasi yang acak dan tidak sempurna.

Libratus akan bertanding melawan pemain profesional yang diantaranya adalah Jason Les, Dong Kim, Daniel McAulay dan Jimmy Chou. Tentunya pertandingan ini bukanlah pertandingan pertama antara manusia dengan AI alias Libratus. Salah satu pertandingan yang cukup ternama sebelumnya adalah Alpha Go melawan Lee Se-dol pada permainan Go di bulan Maret lalu.

” Hal terbaik dari kemampuan Libratus adalah bisa membuat strategi dengan informasi yang tidak sempurna. Dia mengalahkan otak terbaik manusia, ” ujar Tuomas Sandholm, profesor sains komputer pencipta Libratus.

Reuters / JOY.

Iklan