Warga Bumi terakhir yang tercatat lahir sebelum tahun 1900, yakni Emma Morano, meninggal dunia di Italia pada usia 117 tahun. Morano yang lahir pada 29 November 1899 di Piedmont, Italia, dikabarkan meninggal dunia di rumahnya di Verbania, akhir pekan lalu. Lahir sebagai anak tertua dari delapan bersaudara, Morano menyebut rahasia umur panjangnya adalah faktor keturunan.

Ibunya mencapai usia 91 tahun dan dua saudara perempuannya melewati usia 100 tahun. Selain itu, juga mengonsumsi tiga butir telur tiap hari, dua di antaranya mentah. Kebiasaan makan telur dimulainya sejak didiagnosis menderita amenia seusai Perang Dunia I.

Foto Emma Morano saat muda bersanding dengan dirinya saat berusia 116 tahun.

Emma Morano meniup lilin pada hari ulang tahunnya yang ke 117 pada hari Selasa di Pallanza, Italia utara. Dia wanita tertua di dunia yang mengalami suka duka kehidupan berumah tangga juga kehilangan putra tunggal. Ulang tahun kali ini terahir baginya. Ia mengalami peristiwa  saat Perang Dunia I dan II berlangsung di Eropa. Kredit Alessandro Garofalo / Reuters.

Emma Morano duduk di tempat tidurnya di apartemennya di Verbania, Italia, Jumat, mengisahkan rahasia umur panjangnya, yakni membiasakan diri makan telur tiga butir tiaphari, dua di antaranya mentah.

Melewati dua kali pergantian abad, Morano bertahan dari kekerasan dalam rumah tangga, kehilangan putra tunggal, dua Perang Dunia, dan lebih dari 90 pergantian pemerintahan di Italia. Dengan kepergian Morano, miturut Kelompok Riset Gerontologi ( GRG ), manusia tertua saat ini Violet Brown, perempuan asal Jamaika, yang lahir 10 Maret 1900.

Kilas Luar Negeri / WAS.

Iklan