Perilaku Justin Burch sebagai polisi patut ditiru, tetapi sekaligus tidak patut dicontoh. Kepala Kepolisian Sperry, Negara Bagian Oklahoma, Amerika Serikat, ini pekan lalu kedapatan oleh kamera pemantau melanggar batas kecepatan kendaraan. Ia mengendarai mobilnya lebih kencang 20 mil per jam dari batas kecepatan maksimum di wilayah tersebut.

Jelas, perilaku semacam itu sama sekali tidak pantas dicontoh. Bayangkan, pemimpin aparat penegak hukum melanggar sebuah peraturan. Pada akun Facebook Departemen Kepolisian Sperry, Burch mengakui bahwa dirinya telah melanggar hukum karena mengendarai mobil dengan kecepatan 75 dan 80 mil per jam.

Karena melanggar aturan batas kecepatan berkendara di jalanan Sperry, Justin Burch seorang polisi patut ditiru. Dengan berbesar hati dia mengakui kesalahan karena melanggar aturan yang dibuat aparat penegak hukum Negara Bagian Oklahoma, yaitu ngebut di jalan raya saat mengendari mobilnya. Untuk itu dia menilang dirinya sendiri dengan membayar denda 300 dollar AS. Ilustrasi : Handining.

Dia mengaku telah menulis surat tilang untuk dirinya. ” Saya menulis sendiri surat tilang dan membayarnya sebagaimana dilakukan oleh warga lainnya. Saya menyesali perbuatan saya dan minta maaf,” ujar Burch, sebagaimaan dikutip upi.com, Rabu ( 19/4 ).

Kesediaan mengaku bersalah, meminta maaf, dan membayar tilang merupakan hal yang patut ditiru dari Burch. Mungkin tidak banyak polisi yang bersikap seperti dirinya. Adapun nilai denda tilang yang harus dibayar Burch ialah 300 dollar AS atau hampir Rp 4 juta.

UPI / ATO.