Sejumlah anggota tim arkeologi Mesir menangani peti kayu yang ditemukan di makam kuno berusia 3.500 tahun,di pemakaman Draa Abul Nagaa, dekat kota Luxor, Mesir, Selasa ( 18/4 ). Miturut Kementerian Kepurbakalaan setempat, arkeolog Mesir menemukan 8 mumi, peti kayu warna-warni, dan lebih dari 1.000 patung kuno di makam itu. Diumumkan oleh Kementerian Urusan Antik Mesir, seperti dilansir CNN, Rabu (19/4/2017), misi arkeologi Mesir menemukan kuburan kuno itu di area nekropolis Draa Abul Nagaa, dekat Luxor, Mesir bagian selatan.

Nekropolis merupakan sebutan kuburan besar di sebuah kota kuno. Kuburan kuno berbentuk huruf T itu merupakan bagian dari kota yang disebut Userhat dan memiliki ciri khas kuburan bangsawan Kerajaan Baru. Tim arkeolog Mesir memindahkan puing sebanyak 450 meter kubik, hingga menemukan pintu masuk ke kuburan kuno itu. Ditemukan juga dua kuburan kuno yang saling terhubung.

Otoritas Mesir menemukan 8 mumi dari dalam sebuah kuburan kuno berusia 3.500 tahun. Tidak hanya mumi, 10 sarkofagus penuh warna dan sejumlah besar arca kecil juga ditemukan dalam kuburan kuno itu.

Di makam kuno Mesir juga ditemukan Koleksi arca ushabti, topeng kayu dan pegangan tutup sarkofagus ditemukan dalam penggalian,”

Tim arkeolog Mesir memindahkan puing sebanyak 450 meter kubik, hingga menemukan pintu masuk ke kuburan kuno itu. Ditemukan juga dua kuburan kuno yang saling terhubung. Tim arkeolog juga menemukan arca penguburan berukuran kecil atau ushabti yang terbuat dari keramik berlapis, terakota dan kayu. Koleksi jambangan dari tanah liat juga ada di dalam bilik itu.

Sumber : Kilas Iptek / Detik News.

Iklan