Diet susu dan produk olahan susu menjadi bom waktu bagi kesehatan tulang kaum muda.  Survei oleh Perhimpunan Osteoporosis Nasional di Inggris menyebut, 1 per 5 dari mereka yang berusia di bawah 25 tahun mengurangi konsumsi produk susu. Itu berisiko mengganggu kesehatan tulang jika asupan kalsium dari pangan lain kurang.

Survei dilakukan pada 2.000 orang dewasa, termasuk 239 orang berusia di bawah 25 tahun dan 339 orang berusia 25-35 tahun. Susu dan produk olahan susu ialah sumber kalsium.

Survei National Osteoporosis Society menemukan, seperlima dari mereka yang berada di bawah 25 tahun melakukan diet susu atau mengurangi konsumsi susu dalam kehidupan mereka. Padahal, hal tersebut tidak seharusnya dilakukan karena menimbulkan masalah tulang. Sebab, tubuh akan kekurangan kalsium. Susu dan makanan seperti keju dan yoghurt, merupakan sumber penting kalsium untuk tulang yang kuat. Sumber : Elfa  

” Di usia akhir 20-an, peluang membentuk tulang kuat lewat, ” kata Susan Lanham-New, Kepala Ilmu Gizi University of Surrey, Rabu ( 12/4 ). Seperempat remaja di Inggris mengonsumsi kalsium di bawah batas minimal yang dianjurkan, yakni 400 miligram per hari.

Sumber : Kilas Iptek / BBC / EVY.

Iklan