Sebanyak 1 dari 10 kematian di seluruh dunia diakibatkan rokok. Setengah kematian akibat rokok itu terjadi di empat negara, yakni Tiongkok, India, Amerika Serikat, dan Rusia. Jumlah kematian itu diperkirakan terus bertambah akibat agresifnya perusahaan rokok menyasar pasar baru. Publikasi di jurnal The Lancet, Kamis 9 6/4 ), itu menyebut, meski kebijakan pengendalian tembakau sudah berjalan beberapa dekade dan berhasil menekan pertumbuhan jumlah perokok global, pertambahan penduduk dunia membuat jumlah perokok ikut bertambah.

Menghisap rokok adalah faktor pertama penyebab kanker paru-paru.  Sesuai yang ditegaskan oleh American Cancer Society ( lembaga kanker Amerika ),di mana  setiap tahunnya lebih 100.000 perokok menemui ajalnya di wilayah Amerika serikat karena penyakit ini.

” Meski lebih setengah abad ada bukti nyata efek berbahaya rokok pada kesehatan, nyatanya saat ini 1 dari 4 orang di dunia adalah perokok setiap hari, ” kata Emmanuela Gakidou, peneliti senior di laporan The Global Burden of Disease itu.

Sumber : Kilas Iptek / BBC /MZW.

Iklan