Sentuhan teknologi kini merambah pemakaman. Pemakaman Pobrezje, di luar kota Maribor, kota kedua terbesar di Slovenia, memasang purwarupa nisan berupa layar digital 48 inci. Layar tahan cuaca dan anti pecah itu dapat menampilkan foto, video, dan konten digital lain terkait orang yang dimakamkan.

Sekilas nisan itu serupa seperti nisan umumnya, menampilkan nama, tanggal lahir, dan tanggal kematian. Namun, jika ada peziarah berdiri di depannya selama beberapa detik, layar akan menyala. ” Nisan ini memungkinkan menaruh kenangan apa saja tentang kerabat yang sudah meninggal, ” kata Saso Radovanovic, pemimpin Bioenergija yang menjual nisal digital itu.

Kini tersedia  Batu Nisan Digital yang bisa diisi konten Video tentang kehidupan calon jenazah  . Harganya Rp 42,5 juta. Komplek pemakaman Pobrezje yang berada di pinggiran Kota Maribor, kota terbesar kedua di Slovenia, saat ini sedang mengembangkan nisan digital yang tahan cuaca tersebut. Anda tertarik jika kelak meninggal ingin batu nisan di makam Anda tertera data digital berisi  riwayat hidup sampai tanggal kematian muncul  di layar, bisa pesan sekarang juga ?

Jika tidak ada yang datang, layar menghemat energi dengan hanya menampilkan nama dan data jenazah. Ide itu dikembangkan Milan Zorman, profesor komputer di Universitas Maribor, yang juga menciptakan aplikasi untuk menghubungkan nisan itu dengan telepon pintar.

Nisan digital sebagai perkembangan teknologi informatika, sedang dikembangkan di Maribor, Slovenia oleh Profesor Milan Zorman, dengan cara menyentuh layar digital ukuran 48 inci. Ilustrasi : Didie SW.

” Kami ingin suaranya didengar melalui earphone dari telepon pintar yang dibawa peziarah. Terlalu bising kalau memasang pengeras suara di makam, ” ujar Zorman.

Nizan digital yang dibanderol seharga 3.000 euro ( Rp 42,5 juta ) itu diklaim sebagai yang pertama di dunia. Tertarik untuk pesan nisan digital di makam Anda kelak ?

Reuters / WAS.

Iklan