Konsumsi antibiotik dalam waktu lama diduga bisa memicu tumbuhnya jaringan usus sampai terjadi kanker. Antibiotik memengaruhi keragaman mikrobioma ( mikroba dan bakteri ) usus sehingga memicu kanker. Studi yang dipublikasikan di jurnal Gut, Selasa ( 4/4 ), itu dipimpin Yin Cao dari Sekolah Kedokteran Harvard, Boston, Amerika Serikat.

Mereka meneliti 16.600 perawat di AS. Hasilnya, perawat yang mengonsumsi antibiotik 2 bulan lebih berisiko punya polip usus yang bisa jadi kanker. Adanya polip usus belum tentu jadi kanker. Itu butuh riset lebih lanjut.

Temuan dari studi di AS menyarankan, terlalu sering menggunakan antibiotik dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker usus. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal medis Gut menemukan, penggunaan berkepanjangan antibiotik secara signifikan, meningkatkan kesempatan pembentukan polip di usus besar, prekursor kanker usus.

Yin Cao, dari Sekolah Kedokteran Harvard, Boston dan tim riset nya, telah meneliti 16.600 perawat pengguna antibiotik. Perawat menjaga kesehatan tubuh dari paparan bakteri karena lingkup kerjanya di rumah sakit, sering bersinggungan dengan pasien yang menderita berbagai macam penyakit.

Bakteri yang disasar antibiotik bisa mengembangkan polip. Antibiotik mengubah mikrobioma usus, membatasi keragaman dan jumlah bakteri, serta menekan resistensi mikrobioma yang bermusuhan. Mikrobioma yang disasar antibiotik meradang dan bisa memicu kanker.

Sumber : Kilas Iptek / BBC /Gut.BMJ.Com / MZW.

Iklan