Mencari pasangan yang hendak dijadikan teman kencan merupakan perkara yang gampang-gampang susah. Ada orang gampang mencari teman kencan, tetapi tak sedikit yang kesulitas mencarinya. Maka, muncul aplikasi kencan yang kini sangat populer, Tinder.

Namun, manusia jangan menyombongkan diri karena primata di sebuah kebun binatang di Belanda juga memiliki aplikasi pencari pasangan kencan. Aplikasi itu dikembangkan pusat penelitian di Taman Primata Apenheul, di pinggiran kota Apeldoorn. Mereka tengah meneliti respons emosi orangutan dan simpanse terhadap foto hewan dari spesies yang sama yang ditampilkan di layar sentuh.

Samboja orang utan muda tertarik menggunakan telepon pintar yang ada layar sentuhnya untuk jadi mainan. Foto : Thomas Bionda .

Ahli biologi Thomas Bionda, Rabu ( 1/2 ), menjelaskan, layar sentuh itu membantu untuk menentukan pasangan mana yang paling berpeluang untuk dipilih dalam program pembiakan. ” Kami ingin membantu hewan-hewan di kebunb binatang dalam menentukan pilihan. Hewan-hewan harus saling menyukai, ” ujarnya.

Namun, pusat primata itu ternyata menghadapi persoalan untuk membuat layar sentuh yang benar-benar cocok bagi orangutan. Layar sentuh yang sudah disediakan sebelumnya tak berfungsi karena dirusak oleh orangutan muda betina bernama Samboja.

AP / ATO

Iklan