Kalau Anda masih menyimpan sepatu kotor, lusuh atau belel, dan bau busuk menusuk di lemari sepatu, tidak perlu merasa minder karena mungkin sepatu itu bisa diikutkan dalam kontes sneakers ( sepatu yang berbahan sol karet dan kanvas pada bagian atasnya ) terkotor dan terbau, seperti yang diadakan di Amerika Serikat. Connor Slocombe ( 12 ) memperoleh juara pertama dalam kontes sepatu terkotor dan terbau pada acara Kontes Sneaker Busuk Nasional ke-42 di New York City, AS, Selasa ( 28/3 ). Sneakers Slocombe dinyatakan sebagai sneakers yang paling bau dan kotor.

Ia sudah ikut tiga kali dalam kontes ini, tetapi baru kali ini akhirnya menang. Empat juri yang bertugas menilai dengan menciumi sneakers Slocombe yang bau hingga menusuk tajam ke hidung dan lusuh itu langsung meringis bersama. Mereka bahkan dilaporkan sampai merasa mual dan mata menjadi berair. Kontes yang diselenggarakan di Ripley’s Believe It or Not! Times Squre, AS itu diikuti oleh para peserta dari Alaska, Colorado, Illionis, dan New Mexico.

Salah seorang juri saat mencium bau sepatu untuk memberikan penilaian. Keempat juri kontes yang berlangsung di Ripley’s Believe It or Not! Times Square ini semua bergidik saat mencium sepatu Slocombe yang sudah hancur.

Ada tujuh pesaing utama Slocombe yang kuat pada kontes kali ini. Para peserta menggunakan aneka ragam teknik demi mendapatkan hasil sneakers yang luar biasa kotor dan bau minta ampun. Caranya, antara lain tidak pernah memakai kaus kaki saat memakai sneakers dan selalu diusahakan berjalan di atas tanah berlumpur.

Ahli kimia dari NASA, George Aldrich, menilai, Slocombe paling berhasil menggabungkan segala macam bau tajam menusuk asam yang biasanya tercium dari sneakers kotor. ” Tante saya kebetulan mempunyai peternakan dan saya sering membantu pekerjaan di sana. Kalau ada kotoran hewan, misalnya, langsung saya injak sampai menutupi sepatu, kata Slocombe bangga setelah berhasil membawa pulang hadiah 2.500 dollar AS dan tiket pertunjukkan Broadway itu.

Kemenangan Connor Slocombe kali ini mendapat berbagai uang puluhan juta rupiah atau sebesar 2500 dolar dan tiket menonton pertunjukan Broadway. Ia juga akan masuk dalam the Odor Eaters Hall of Fumes.

Ia berujar, kalau sedang memancing, saya selalu injak-injak isi perut ikannya. Nama Slocombe akan masuk ke dalam Odor Eaters Hall of Fumes.

Kontes ini pertama kali diselenggarakan oleh pemilik toko olahraga di Vermont tahun 1974 sebagai bagian dari kampaye promosi sneakers baru. Kemudian sejak 1988, perusahaan perawatan kaki Odor Eaters menjadi sponsor resmi utama.

Reuters / LUK.

 

 

Iklan