Salah satu bukti adanya kehidupan ditemukan dalam jejak pada batuan kuno di India. Jejak tersebut mengindikasikan tumbuhan seperti ganggang merah yang hidup pada 1,6 miliar tahun lalu di area yang dulu merupakan perairan dangkal. Therese Sallstedt dari Swedish Museum of Natural History menemukan sejumlah fosil tumbuhan.

Dalam suatu penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan dari Swedish Museum of Natural mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil uji karbon dan serangkaian pengujian ilmiah lainnya dengan mengambil sample dari batuan purba dari India, terungkap bahwa ganggang merah setidaknya hidp sekitar 1,6 miliar tahun lalu pada saat lautan di bumi masih dangkal.

Dalam penelitian awal, para ilmuwan mempercayai bahwa tumbuhan pertama yang muncul dan berkembang di bumi adalah alga atau ganggang merah yang hidup skitar 1,6 miliar tahun lalu.

Miturut Sallstedt, temuan tersebut merupakan fosil tanaman tertua yang ditemukan di Bumi. ” Ini berupa alga merah berusia 1,6 miliar tahun, ” ujarnya, Selasa ( 14/3 ), mengutip jurnal ilmiah PLOS. Dari fosil tersebut, teridentifikasi bagian-bagian kloroplasma. Struktur di dalam sel tumbuhan itu sudah terlihat dalam proses fotosintesis.

Para ilmuwan menemukan fosil berbentuk seperti benang pada fosil batuan di India bagian tengah. Semua fosil tanaman tersebut memiliki karakteristik ganggang merah sejenis rumput laut.

Sumber : Kilas Iptek / BBC / ISW.

Iklan