Siprus, negara pulau di Laut Tengah, mendapat hadiah dari Kesultanan Oman. Sayangnya, hadiah berupa kapal yang dimaksudkan untuk memperkuat Angkatan Laut Siprus itu tidak bisa berlabuh di Pangkalan Evangelos  Florakis. Maka, miturut rencana, kapal akan membuang jangkar di kota pesisir Siprus, Limassol atau Larnaca. Surat kabar Phileleftheros melaporkan, dengan panjang 61,47 meter, kapal itu merupakan kapal laut lepas pertama yang dimiliki Angakatan Laut Siprus.

Patroli angkatan laut Siprus dengan menggunakan kapal hadiah pemerintah  Oman ‘terlalu besar alias mewah’ untuk pangkalan angkatan laut Siprus. Kapal patroli dalam perjalanan ke Siprus. Pic: Surat kabar Phileleftheros.

Ongkos reparasinya sebesar 3,4 juta dollar Amerika Serikat ( Rp 57,3 miliar ) sepenuhnya didanai oleh Oman. Saat ini, kapal seberat 948 ton tersebut masih dalam perjalanan dan diperkirakan baru tiba di Siprus pekan depan. Kapal baru kedua untuk memperkuat Angkatan Laut Siprus akan datang pada Desember 2017.

Miturut Phileleftheros, berbeda dengan kapal pertama yang merupakan pemberian Oman, kapal kedua dibeli sendiri oleh Siprus dari Israel. Keduanya akan menjalani tugas berpatroli di Zona Ekonomi Eksklusif Siprus. Di wilayah ini, perusahaan energi raksasa Perancis dan Italia, Total serta Eni, melakukan eksplorasi minyak dan gas bumi.

AFP / ATO.

Iklan