Kalau Anda seorang dengan kekayaan tanpa batas dan berniat membeli sebuah kota, silakan datang ke Oregon, Amerika Serikat. Seorang miliarder yang punya tanah sangat luas berniat menjual sebuah kota tanpa penghuni, Tiller, dengan nilai sangat murah, hanya 3,5 juta dollar AS. Bahkan dengan membayar ekstra 350.000 dollar AS, Anda akan mendapat bonus sebuah bangunan sekolah tua.

Karena nyaris tak ada penghuninya, kota tua Tiller akan dijual murah kepada peminat yang mempunyai duit banyak. Penawaran murah ini termasuk gedung sekolah tua sebagai bonus. Ilustrasi : Handining.

Tiller kota indah nyaris tanpa penghuni mempunyai keindahan alam pedesaan terletak di selatan kota Oregon. Tiller terletak di sepanjang Sungai Umpqua berair jernih, dijual murah jika ada yang berminat membelinya.

Tiller memang kota nyaris tak berpenghuni yang letaknya sekitar 360 kilometer sebelah selatan Portland. ” Kota ini pernah dijual pada 2015, tetapi tidak termasuk bangunan sekolah tua, ” ujar Garrett Zoller, si pemilik Tiller dan perusahaan real estat Land and Wildlife. Kota Tiller luasnya lebih kurang 100 hektar.

Sekitar 250 orang tinggal di sekitar Tiller, tetapi hanya dua orang yang benar-benar tinggal di wilayah Tiller, yakni mantan guru yang tinggal di sebelah sekolah tua tersebut dan seorang pastur yang melayani gereja setempat. Tiller yang tadinya sebuah kota penghasil kayu ditingalkan warganya karena menurunnya produksi kayu gelondongan di wilayah itu. ” Ketika dana federal merosot drastis untuk kayu, pada dasarnya industri kayu di kota ini tutup juga dan warga mulai pergi, ” ujar Zoller.

Reuters / JOY.

Iklan