Malang benar nasib kura-kura yang satu ini. Bayangkan, dalam operasi selama tujuh jam, Senin ( 6/3 ) lalu, dari dalam perut kura-kura betina itu dikeluarkan sebanyak 915 koin. Koin-koin ditelan oleh Omsin, demikian nama si kura-kura, karena ada banyak orang yang melemparkan uang logam ke kolamnya.

Tradisi melempar koin muncul karena hal itu diyakini bisa membawa keberuntungan. Koin dan sejumlah benda asing lain yang dikeluarkan dari perut Omsin memiliki berat 5 kilogram. Adapun berat kura-kura itu sendiri 59 kilogram.

Karena sulit berenang dengan normal, Omsin lalu diperiksa dokter hewan, ternyata gerak lamban tubuhnya saat berenang, karena penyu ini telah makan begitu banyak uang logam (koin ) yang dilemparkan wisatawan ke dalam kolam tempat dia tinggal.

Omsin penyu berusia 25 tahun di Thailand telah makan lebih dari 900 koin yang dilempar wisatawan ke kolam renang nya.

Setelah dioperasi selama tujuh jam, 915 koin berhasil dikeluarkan dari perut Omsin.

Kura-kura ini tinggal di pusat perlindungan di Sriracha, Chonburi, sebelah timur dari Bangkok. Omsin dibawa ke perawatan karena mula-mula tampak mengalami kesulitan berenang.

Ternyata beban ratusan koin di dalam perutnya telah membuat kura-kura itu tak mampu berenang dengan baik.” Butuh sekitar satu bulan untuk memastikan ia dapat pulih total, ” kata Nantarika Chansue, dari Kedokteran Hewan Chulalongkorn University.

Reuters / AP / ATO.

Iklan