Ilmuwan berhasil membuat magnet seukuran atom, membuka jalan untuk membuat sarana penyimpanan data yang berukuran lebih ringkas. Penelitian yang dimuat dalam jurnal Nature ini menyebut dua magnet berukuran atom bisa menyimpan 2 bit data. Sebagai perbandingan, perangkat penyimpan data komersial saat ini butuh 1 juta atom untuk membuat magnet guna menyimpan 1 bit informasi.

Ilmuwan IBM Menciptakan Penyimpanan Data Berteknologi Atom Tunggal. Hasil penelitian IBM mengumumkan bahwa para peneliti nya telah mengembangkan magnet terkecil di dunia menggunakan atom tunggal dan mereka dikemas dengan satu bit data digital. Saat ini, hard drive menggunakan sekitar 100.000 atom untuk menyimpan satu bit informasi – 1 atau 0 – menggunakan metode tradisional. ( boxpedia.org )

Para ilmuwan menggunakan sebuah atom tunggal dari elemen langka bumi yang disebut Holmium, sebagai percobaan para peneliti menempatkan Holmium dengan hati-hati pada permukaan magnesium oksida, yang membuat kutub utara dan selatan terus dalam arah yang tetap. Dua kutub magnetik yang tetap dan stabil berorientasi menentukan 1 dan 0 bit. ( boxpedia.org )

Pencapaian ini memungkinkan ukuran penyimpan data bisa 1.000 kali lebih kecil. Untuk mewujudkan hal itu digunakan atom logam holmium yang memiliki banyak elektron tak berpasangan dan menghasilkan medan magnet kuta. Tim peneliti  menggunakan arus listrik untuk mengubah orientasi medan magnet atom dari 0 dan 1 dan hasilnya bisa bertahan untuk beberapa jam.

Sumber : Kilas Iptek / Nature / ELD.

Iklan