Sebuah rumah berusia 122 tahun dipindahkan ke lokasi lain dan membuat gempar. Rumah tua milik Charlesetta Taylor ( 81 ) di St Louis, Missiouri, Amerika Serikat, Minggu ( 26/2 ), akhirnya dipindahkan dengan menggunakan truk secara perlahan-lahan melewati jalanan St Louis menuju lokasi baru. Tayangan video di laman UPI memperlihatkan penduduk St Louis yang geger karena pemindahan rumah tua yang dibangun pada 1895 tersebut.

Rumah tua itu dibeli oleh keluarga Taylor pada 1945. Pemindahan rumah tua dimulai pukul 07.00 pagi dan baru tiba di lokasi yang baru berjarak sekitar 17 mil pada pukul 13.30 siang. Rumah Taylor tersebut dipindahkan karena di lahan tersebut hendak dibangun kampus baru National Geospatial Intelligence Agency. Sebelumnya Taylor sangat menentang rencana St Louis Development Corp yang akan membangun kampus baru itu di tanah seluas 38,8 hektar dengan biaya pembangunan 1,75 milliar dollar AS ( Rp 23,3 triliun ).

Foto kenangan Charlesetta Taylor ( 79 ) sedang berpose di depan rumahnya yang berlantai tiga berdinding bata merah saat musim dingin.

Beberapa pekerja sedang berusaha memindahkan rumah tua milik Charlesetta dengan mengangkatnya ke atas truk raksasa. Rumah tua abad 19  milik Charlesetta Taylor terpaksa dipindahkan, bukannya dihancurkan karena di lokasi itu akan dibuat kampus baru NGA di utara St. Louis. Kredit: KMOV

Kontraktor memindahkan rumah tua milik Taylor ke tempat baru melalui jalan Jefferson pada hari Minggu pagi. Rumah tua diangkut dengan truk raksasa, membuat penduduk St Louis, Missiouri, menonton peristiwa langka ini.

Namun, akhirnya Taylor setuju memindahkan rumahnya ke lokasi baru setelah St Louis Development Corp menjanjikan Taylor boleh memiliki sendiri lokasi di luar area proyek yang sangat terkenal itu. John Matyiko, pemilik Expert House Movers yang bertugas memindahkan rumah Taylor, mengatakan, berat rumah Taylor mendekati 370 ton.” Kami pernah memindahkan terminal bandara asli di New Jersey  dan beratnya 7.000 ton, “kata Matyiko.

UPI / LOK.

 

Iklan