Kejujuran berbuah manis. Itu yang dialami seorang pelajar kelas 11 SMA bernama Chen yang menyambi kerja sebagai pengirim makanan di kota Zhengzhou, China. CNN melaporkan, sesaat Chen menyelesaikan pengiriman makanan kepada pelanggan, ia tiba-tiba mendapat telepon pesanan makanan.

Saat ia menjawab telepon itu, sepeda elektrik yang dikendarainya menabrak dan menggores sebuah mobil BMW yang terparkir di pinggir jalan. Remaja itu segera menyelesaikan pengiriman pesanan makanannya terlebih dulu, lalu kembali ke lokasi kecelakaan tadi dan menulissebuah surat untuk pemilik BMW. Suratnya berisikan permintaan maaf Chen dan ia meninggalkan uang sebesar 311 yuan ( Rp 600.000 ) sebagai ganti rugi.

Xue Zhanmin pemilik mobil BMW yang memberi uang hadiah atas kejujuran Chen.

Surat permintaan maaf yang ditulis oleh Chen ke Xue Zhanmin. Chen menyesal telah menabrak mobil BMW hingga bodinya lecet. Tetapi permintaan maaf surat Chen dibalas Xue Zhanmin dengan memberinya uang hadiah 10.000 yuan (Rp 19,38 juta ).

Chen Yifan menulis surat permintaan maaf kepada pemilik mobil yang tergores saat ia tengah bertugas mengantar pengiriman makanan.

Keesokan harinya, si pemilik BMW yang bernama Xue Zhanmin membaca surat Chen. Tersentuh karena kejujuran Chen, Zhanmin dengan bantuan petugaslalu lintas setempat akhirnya berhasil menemukan Chen. Zhanmin pun mengembalikan uang Chen sebesar Rp 600.000 tersebut dan justru memberi Chen hadiah uang 10.000 yuan ( Rp 19.35 juta ).

Cerita tentang kejujuran dan keberuntungan Chen itu pun tersebar di media sosial.” Saya ingin mengembalikan uang Chen 311 yuan itu dan memberinya hadiah untuk mendukung kondisi keuangannya, ” kata Zhanmin.

LOK.

Iklan