Suhu permukaan laut saat ini memiliki kemiripan dengan periode interglasial terakhir. Periode interglasial terakhir ( the last interglaciation / LIG ) merupakan periode terpanas di Bumi dalam 800.000 tahun terakhir. Periode yang terjadi pada 129.000-116.000 tahun lalu itu ditandai dengan mencairnya es.

Hal itu menyebabkan kenaikan permukaan laut 6-9 meter dari sekarang. Beberapa penelitian sebelumnya memperkirakan, periode LIG terjadi saat suhu Bumi naik hingga 2 derajat celsius. Namun, penelitian terbaru oleh Jeremy S Hoffman dari Oregon State University, Amerikat Serikat, dan timnya menemukan, suhu Bumi saat ini sudah menyamai kondisi puncak LIG.

Jeremy S.  Hoffman.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Science edisi 19 Januari 2017 itu menyebutkan, suhu permukaan laut pada periode LIG berkisar 0,3-0,5 derajat celsius lebih panas dibandingkan suhu laut pada tahun 1870-1889. Selain itu, rata-rata suhu permukaan laut pada periode LIG memiliki persamaan dengan suhu laut pada tahun 1995-2014.

Dampak paling buruk peristiwa memantulnya sinar matahari sebelum sampai ke bumi, yaitu mencairnya dataran es di dua kutub. Akibatnya gelombang pasang air laut akan naik dan segera menyapu separuh daratan di bumi.

Hasil penelitian itu diharapkan bisa membantu para ilmuwan lain dalam memahami bagaimana lautan akan menanggapi pemanasan iklim modern.

Sumber : Kilas Iptek / Science / AIK.

Iklan