Sebuah pesawat telepon tua rencananya dilelang di Negara Bagian Maryland, Amerika Serikat, Minggu ( 19/2 ) waktu setempat. Awas, ini bukan sembarang telepon. Lewat telepon itu, instruksi yang menyebabkan jutaan orang meninggal diberikan oleh si empunya yang tak lain ialah Adolf Hitler.

Ya, telepon itu milik Hitler, pemimpin Jerman yang memicu Perang Dunia Kedua, 1939-1945. Rumah lelang Alexander Historical Auctions memperkirakan harga telepon antara 200.000 dollar AS dan 300.000 dollar AS atau Rp 2,9 miliar – Rp 4 miliar. Berwarna merah tua dengan ukiran bertuliskan Adolf Hitler, telepon tersebut dulu diberikan tentara Rusia kepada Brigadir Sir Ralp Rayner dari Inggris.

Telepon milik Hitler yang sudah dipenuhi karat di berbagai sisinya  mendapat gelar menyeramkan, yakni sebagai ‘weapon of mass destruction’ atau ‘senjata pemusnah massal’. Telepon saat  menjelang perang dunia ke-dua, digunakan Hitler untuk memberikan perintah, yang mana menewaskan banyak orang. Foto : Image source: dreamers.id

” Ini adalah alat Hitler untuk menghancurkan, ” kata Andreas Kornfeld dari Alexander Historical Auctions. Jadi, kira-kira siapa yang memenangi lelang ?

AFP.

Iklan