Vitamin D dari sinar matahari diketahui berfungsi mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh serta mendorong pertumbuhan dan pemeliharaan  kesehatan tulang, gigi, dan otot. Namun, tim peneliti dari Queen Mary University, London, Kamis ( 16/2 ), menunjukkan, vitamin D juga bisa mencegah influenza dan pilek dengan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap bakteri dan virus. Tim ini menguji pemberian suplemen vitamin D kepada 11.321 orang dalam 25 kelompok.

Peneliti Inggris, Adrian Martineau mengatakan, suplemen vitamin D bisa menghindarkan lebih dari tiga juta orang dari pilek atau flu setiap tahun, jika dikonsumsi dengan teratur.

Riset menunjukkan, satu dari 33 orang yang diberi supelemen vitamin D terhindar dari influenza. Rasio itu lebih baik daripada vaksinasi influenza yang menghindarkan satu dari 40 orang. Adrian Martineau, salah seorang peneliti, mengatakan, konsumsi suplemen vitamin D harian atau mingguan menghindarkan seseorang dari infeksi saluran pernapasan akut, yang mencakup pilek, influenza, dan pneumonia.

Sumber : Kilas Iptek /BBC / MZW / Foto : Thinkstock .

 

Iklan