Gara-gara gawai, kebiasaan orang berubah. Sejumlah pemilik kafe di Vienna, Austria, merasakan dulu orang-orang datang ke kafe untuk bersendau gurau di antara mereka, atau menyapa pengunjung lain. Namun, sekarang, orang-orang datang ke kafe untuk mencari listrik agar gawai tetap menyala. Muncul atmosfer buruk akibat kesibukan orang menggunakan gawai.

Galina Pokorny, yang menjalankan Terrassencafe im Hundertwasserhaus Kafe, telah memasang biaya € 1 (85 p) bagi mereka yang ngecas baterai  di ponsel mereka terlalu lama lebih dari 15 menti.

Pengunjung kafe milik Galina Pokornya tetap asyik menggunakan internet wi-fi sekalipun ada aturan baru, duduk berlama-lama di kafe milik Galina lebih dari 15 menit, kena bayar. Apalagi jika pengunjung memakai sarana wi-fi, lebih besar lagi bayarannya.

Sejumlah pemilik kafe marah dan kini membatasi lama penggunaan meja, membatasi Wi-Fi sama sekali. Seorang pemilik kafe di Vienna, Gallina Pokorny, memutuskan memungut bayaran kepada pengunjung yang memanfaatkan listrik di kafenya lebih dari 15 menit untuk mengisi baterai gawai.

Mereka dikenai biaya 1 euro ( Rp 14.000,00 ). ” Turis selalu minta listrik dan listrik.  Saya bukan menjalankan kafe internet, kata Pokorny, dikutip BBC.

ATO.

Iklan