Seekor ikan lungfish, yang dipercaya sebagai ikan tertua di dunia yang hidup di sebuah akuarium, mati setelah mengalami penurunan kondisi kesehatan. Ikan bernama Granddad itu diperkirakan mencapai umur hingga 90-an, demikian miturut Sky News. Beberapa hari sebelum mati, Granddad enggan makan dan menunjukkan tanda-tanda mengalami kegagalan fungsi organ.

aquarist senior Shedd Michael Masellis mengatakan umur panjang Kakek adalah karena "perawatan yang baik, diet yang baik dan kondisi yang stabil." (Shedd Aquarium)

Perawat akuarium senior Shedd Michael Masellis mengatakan ,umur panjang ikan Granddad ( kakek tua )  adalah karena “perawatan yang baik, diet makanan yang baik dan kondisi air yang stabil. Foto : ( Shedd Aquarium )

 Australian lungfish, Neoceratodus forsteri, Granddad. | Brenna Hernandez/Shedd Aquarium photo. Australian lungfish, Neoceratodus forsteri, Granddad

Semasa hidupnya, ikan yang hidup di The Shedd Aquarium, Chicago, Amerika Serikat, itu telah dilihat oleh lebih dari 100 juta orang. Ikan berbobot 11 kilogram itu didatangkan dari asalnya di Australia tahun 1933, dengan perkiraaan usia saat itu belasan tahun. Lungfish adalah salah satu jenis ikan yang dapat hidup hingga lebih dari 100 tahun.

Ikan itu termasuk hewan yang dilindungi di Australia. Lungfish diperikirakan telah ada sejak 400 juta tahun lalu dan bertahan bentuknya sepanjang 100 juta tahun ini.

BEN.

Iklan