Hati-hati jika Anda sehari-hari lebih banyak duduk saat bekerja. Studi terbaru menyebutkat, perempuan berusia 60-an tahun yang duduk lebih dari 10 jam per hari dengan aktivitas fisik minim akan menyebabkan sel-sel tubuhnya menua delapan tahun lebih cepat. Riset itu dilakukan para peneliti dari University of California San Diego School of Medicine, Amerika Serikat.

Hasil studi dipublikasikan di American Journal of Epidemiology pada 18 Januari 2017. ” Penelitian kami menemukan sel-sel yang menua lebih cepat dipengaruhi gaya hidup yang kurang bergerak. Usia seseorang tak selalu cocok dengan penuaan biologis, ” kata Aladdin Shadyab, ketua tim peneliti.

Para wanita studi menemukan yang duduk untuk waktu yang lama secara biologis lebih tua dari mereka yang lebih aktif

Studi terhadap para wanita yang duduk untuk waktu yang lama secara biologis terlihat lebih tua dari usia mereka yang lebih aktif bergerak.

Duduk berlama-lama dalam keseharian, kurang gerak, akan menyebabkan sel-sel tubuhnya menua delapan tahun lebih cepat.

Duduk berlama-lama dalam keseharian, kurang gerak, akan menyebabkan sel-sel tubuhnya menua delapan tahun lebih cepat. Untuk mencegah hal itu, ada baiknya, membiasakan diri untuk melakukan olahraga dalam keseharian, minimal 30 menit.

Riset itu melibatkan 1.500 perempuan berusia 64-95 tahun. Miturut Shadyab, penuaan biologis itu bisa dicegah dengan melakukan olahraga atau aktivitas fisik paling sedikit 30 menit setiap hari.

Sumber : Kilas Iptek / Science Daily / AIK.

Iklan