Binatang apa yang paling banyak membunuh manusia di Australia ? Miturut riset yang dilakukan seorang peneliti tentang kematian dan dipublikasikan Internal Medicine Journal, kematian manusia di negeri itu paling tinggi diakibatkan kuda dibandingkan dengan binatang-binatang beracun, seperti ular berbisa. Penelitian itu dilakukan Dr Ronelle Welton bersama koleganya di University of Melbourne, merujuk pada data yang masuk tentang jumlah pendaftaran pasien ke rumah sakit dan data penyebab kematian dari tahun 2000 hingga 2013.

Foto: Dr Ronelle Welton mengatakan tidak ada yang tercatat kematian laba-laba gigitan di Australia sejak tahun 1999. (Disediakan: University of Melbourne)

Dr Ronelle Welton mengatakan, tidak ada catatan  kematian manusia akibat gigitan laba-laba dan binatang berbisa lainnya di Australia sejak tahun 1999. Namun kematian manusia akibat ulah kuda lebih banyak dibandingkan gigitan binatang berbisa lainnya. ( Foto : University of Melbourne).

Data yang ditemukan cukup mengejutkan. Sebagaimana dikutip BBC, kasus kuda yang menyebabkan kematian manusia sepanjang tahun 2013 telah lebih banyak dibandingkan denan kematian manusia akibat racun dan gigitan hewan berbahaya dalam periode 2000-2013. Manusia yang mati akibat kuda sepanjang 200-2013 sebanyak  74 kali, sedangkan akibat ular 27 kasus.

BEN.

Iklan