Gunung es raksasa diperkirakan segera terpisah dari bagian besar Benua Antartika. Dugaan itu berdasarkan munculnya retakan lapisan es di daerah Larsen C di barat laut Antartika yang terus memanjang. Bahkan, selama Desember 2016, puncak musim panas belahan Bumi Selatan, keretakan selebar 100 meter dan sedalam 0,5 km itu bertambah panjang 18 km, hanya beberapa minggu.

Kini, bagian akhir retakan itu hanya berjarak 20 km dari tepi samudra. ” Jika gunung es itu tidak lepas dari Antartika dalam beberapa bulan ke depan itu mengejutkan, ” kata Adrian Luckman, pimpinan peneliti dari Universitas Swansea, Inggris. Jika lepas, akan tercipta gunung es seluas 5.000 km persegi dan diperkirakan masuk dalam 10 besar gunung es lepas yang tercatat.

Larsen Ice Shelf C prima untuk kehilangan luas lebih dari 1.900 mil persegi (5.000 kilometer persegi), setelah keretakan di lapisan es tumbuh tiba-tiba sekitar 11 mil (18 km) di paruh kedua bulan Desember. Digambarkan adalah pandangan dari 300-ft keretakan lebar yang baru ditemukan di Larsen C

Larsen Es C tampak retak menyusul retaknya Larsen A dan B. Hal ini dipicu peningkatan suhu global bumi.

keretakan ini cenderung mengarah ke gunung es putus, yang akan menghapus sekitar 10 persen dari daerah beting es ini. Dalam foto adalah grafis tentang bagaimana keretakan telah berkembang selama bertahun-tahun

Keretakan ini cenderung mengarah ke gunung es yang putus, dan akan menghapus sekitar 10 persen dari daerah beting es ini. Dalam foto adalah grafis tentang bagaimana keretakan telah berkembang selama bertahun-tahun.

Keretakan Larsen C setebal 350 meter itu akan menyusul lepasnya gunung es dari daerah Larsen lain, Larsen A pada 1995 dan Larsen B ( 2002 ). Meski tak punya bukti langsung, retakan itu diperkirakan akibat peningkatan suhu global. Namun, yang mengkhawatirkan, lepasnya es di dekatnya.

Jika gunung es yang lepas itu tetap mengapung di laut, permukaan laut tak akan naik. Namun, jika gunung es itu mencair langsung, air laut global akan naik 10 cm.

Sumber : Kilas Iptek / BBC / MZW.

Iklan