Pencinta perpustakaan warga Minneapolis, Amerika Serikat, Jon Kramer, menemukan dua buku tua berusia lebih dari 40 tahun. Buku yang ditemukan di rumah peristirahatan keluarganya di Ontario, Kanada, itu ternyata milik perpustakaan Montgomery County yang belum dikembalikan. Kramer lalu memberikan sumbangan ke perpustakaan itu untuk membayar denda keterlambatan yang waktu itu per harinya dihitung lima sen dollar AS ( nilai denda pada 1970-an ).

Buku kuno koleksi perpustakaan

Buku kuno koleksi perpustakaan Montgomery County tersimpan rapi dalam rak buku, berisi buku soal masak memasak dan berkemah yang telah dikembalikan Jon Kramer, setelah 40 tahun dipinjam mendiang orangtuanya.

Sumbangan dari hasil perhitungan denda selama lebih dari 40 tahun itu mencapai sekitar 1.550 dollar AS. Buku tua itu ditemukan Kramer saat sedang bersih-bersih buku di perpustakaan milik mendiang orangtuanya, bulan lalu. Ia menemukan buku tentang berkemah dan memasak yang dipinjam dari Perpustakaan Montgomery County pada 1970-an.

Ia ingat saa masih kecil kerap diajak kedua orangtuanya berkunjung ke perpustakaan. Itulah kenapa ia kini mencintai perpustakaan. Kramer tidak berniat mengembalikan kedua buku itu, tetapi akan tetap membayar keterlambatan selamanya.

AP / LUK.

Iklan