Ahli kesehatan masyarakat di Inggris mengingatkan, asupan gula pada sarapan bagi anak memenuhi separuh asupan gula harian normal. Itu bisa mengganggu kesehatan, seperti gigi rusak, kegemukan, dan diabetes tipe 2. Contoh menu sarapan terlalu banyak gula ialah sereal manis, roti bakar selai cokelat, dan jus.

Dalam hal sarapan bagi anak yang suka makanan dan minuman manis perlu diwaspadai. Sebab, apa yang disukai Si Kecil, belum tentu baik bagi kesehatannya. Konsumsi makanan dan minuman tersebut dalam jumlah banyak dapat menimbulkan berbagai jenis masalah kesehatan, mulai dari gigi berlubang, kegemukan, hingga berbagai macam penyakit ke depannya.

Dalam hal sarapan bagi anak yang suka makanan dan minuman manis perlu diwaspadai. Sebab, apa yang disukai Si kecil, belum tentu baik bagi kesehatannya. Konsumsi makanan dan minuman tersebut dalam jumlah banyak dapat menimbulkan berbagai jenis masalah kesehatan, mulai dari gigi berlubang, diabetes, kegemukan, hingga berbagai macam penyakit ke depannya.

Selain memberikan kita dorongan energi untuk beraktivitas seharian, sarapan juga merupakan sumber makanan yang baik untuk memupuk sejumlah nutrisi penting, seperti kalsium, zat besi, dan vitamin B, serta protein dan serat. Tubuh memerlukan nutrisi ini untuk memulai proses metabolisme, dan penelitian menunjukkan bahwa jika asupan nutrisi terlewatkan tubuh saat sarapan, kecil peluangnya untuk tubuh dapat membayar kerugian ini di kemudian hari. Hampir semua anak menyukai makanan dan minuman yang manis. Namun apa yang disukai Si Kecil, belum tentu baik bagi kesehatannya. Konsumsi makanan dan minuman tersebut dalam jumlah banyak dapat menimbulkan berbagai jenis masalah kesehatan, mulai dari gigi berlubang, kegemukan, hingga berbagai macam penyakit ke depannya.

Selain memberikan kita dorongan energi untuk beraktivitas seharian, sarapan juga merupakan sumber makanan yang baik untuk memupuk sejumlah nutrisi penting, seperti kalsium, zat besi, dan vitamin B, serta protein dan serat. Tubuh memerlukan nutrisi ini untuk memulai proses metabolisme.

Survei nasional asupan makanan di Inggris menunjukkan, anak-anak berusia 4-10 tahun mengonsumsi gula 2 kali lebih banyak dari yang diizinkan. Anak-anak di usia itu mengonsumsi lebih dari 11 gram gula saat sarapan. Padahal, asupan gula bagi anak usia 4-6 tahun yang diperkenankan ialah kurang dari 19 gram. Survei itu menunjukkan, seperempat anak berusia 5 tahun memiliki gigi rusak dan 20 persen anak gemuk saat lulus sekolah dasar.

Pimpinan Ahli Gizi dari Public Health England Alicia Tedstone, Selasa ( 3/1 ) mengatakan, ” Amat penting anak-anak mengonsumsi sarapansehat.”

Sumber : Kilas Iptek / BBC / ADH.

Iklan