Sebuah pohon natal artifisial di Kolombo, Sri Lanka, diklaim sebagai pohon natal tertinggi di dunia melampaui rekor sebelumnya meski pembangunannya sempat tertunda dan lebih rendah daripada yang direncanakan sebelumnya. Pohon natal setinggi 73 meter tersebut lebih tinggi 18 meter ketimbang rekor sebelumnya, miturut pengelola, Selasa ( 17/12 ). Pohon natal di Kolombo tersebut terbuat dari rangka besi dan kawat baja serta dibungkus dengan jejaring plastik dan dihiasi dengan lebih dari 1 juta bunga cemara asli yang dicat warna-warni.

Pohon yang menjulang tinggi tersebut juga dihiasi 600.000 lampu pijar dan dimahkotai bintang menyala setinggi 6 meter. Pohon pemecah rekor tersebut menelan biaya 80.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,1 miliar dan mendapat kecaman pedas dari Gereja Katolik Sri Lanka yang menganggp hiasan tersebut hanya menghambur-hamburkan uang. Gereja lebih memilih uang tersebut untuk menolong orang miskin.

Sekalipun mendapat kecaman masyarakat Sri Lanka, pembangunan pohon natal raksasa terus berjalan. Pohon natal terbuat dari rangka besai dan kawat baja dan dibungkus dengan jejaring plastik.

Sekalipun mendapat kecaman masyarakat Sri Lanka, pembangunan pohon natal raksasa terus berjalan. Pohon natal terbuat dari rangka besi dan kawat baja dibungkus dengan jejaring plastik.

Pembuatan pohon natal raksasa ini menyerap tenaga kerja pelabuhan Sri Lanka

Pembuatan pohon natal raksasa ini menyerap tenaga kerja pelabuhan Sri Lanka dan sukarelawan selama empat bulan.

Seorang pekerja konstruksi Sri Lanka Kementerian Pelabuhan dan Pengiriman bekerja pada sebuah pohon Natal besar dalam upaya untuk membangun tertinggi di dunia ...

Seorang pekerja konstruksi Sri Lanka karyawan di Kementerian Pelabuhan dan Pengiriman tenaga kerja, sedang mengelas besi yang akan ditautkan pada pohon Natal yang hampir selesai pembangunannya.

Sebuah keluarga Sri Lanka mengambil foto-foto berdiri di dekat pohon Natal buatan yang sangat besar seperti orang lain berkumpul di sekitarnya di Kolombo, Sri Lanka, Sabtu 24 Desember 2016. Sri Lanka telah meluncurkan sebuah pohon Natal menjulang, mengaku telah melampaui rekor dunia untuk tertinggi pohon Natal buatan. (AP Photo / Eranga Jayawardena) The Associated Press.

Sebuah keluarga Sri Lanka mengambil foto-foto, berdiri di dekat pohon Natal buatan yang sangat besar di Kolombo, Sri Lanka, Sabtu 24 Desember 2016. Sri Lanka telah membuat sebuah pohon Natal tertinggi, diakui  telah melampaui rekor dunia untuk pohon Natal buatan . (AP Photo / Eranga Jayawardena) The Associated Press.

Ratusan pekerja pelabuhan dan sukarelawan bekerja selama empat bulan untuk mewujudkan pohon natal tertinggi di dunia itu. Proyek inisempat terhenti selama enam hari pada awal Desember setelah Kardinal Malcolm Ranjith, yang mewakili 1,5 juta umat Katolik di negeri  pulau itu mengecam proyek tersebut. PM Ranil Wickremesinghe merespon kritik Kardinal dengan mengatakan, uang untuk membangun pohon tersebut bukan uang publik dan didapat dari donasi individual serta perusahaan swasta.

The Guinness World Record belum mengonfirmasi rekor pohon natal tertinggi tersebut. Saat ini, pohon natal tertinggi resmi dicatat World Records adalah setinggi 55 meter yang dibangung di Guangzhou, Tiongkok, tahun lalu. Pengelola mengatakan, pohon natal ini untuk mempromosikan kerukunan beragama di Sri Lanka yang mayoritas penduduknya beragama Buddha.

AP / JOY.

Iklan