Ingin bertindak unik, tetapi justru menuai kecaman. Itulah yang terjadi pada kelompok bisnis sukses  Cile yang mendapat kritik pedas dari netizen dan Presiden Michele Bachelet setelah memberikan cendera mata berupa boneka perempuan karet kepada Menteri Ekonomi Cile, Selasa lalu. Asosiasi eksportir Asexma, secara tradisi memberikan cendera mata unik kapada tamu-tamu penting acara makan malam tahunan mereka.

Namun, boneka tiup sosok perempuan pemuas nafsu yang mereka berikan kepada Menteri Ekonomi Luis Cespedes, dengan komentar untuk menstimulasi ekonomi, telah menuai kecaman nasional. Pada foto yang menjadi viral tersebut, tampak Cespedes dengan senyum kecut memegang boneka tersebut didampingi sejumlah menteri lain yang semuanya lelaki. ” Perjuangan untuk kehormatan kaum perempuan merupakan salah satu prioritas masa kepresidenan saya, ” ujar Bachelet, perempuan presiden Cile pertama lewat akun Twitter-nya.

menteri ekonomi Chile Luis Cespedes memegang sebuah boneka tiup selama acara eksportir

Menteri ekonomi Chile Luis Cespedes memegang sebuah boneka tiup dalam jamuan makan malam dari kelompok bisnis Cile.

” Apa yang terjadi pada makan malam Asexma tidak bisa ditoleransi, ” lanjut cuitan Bachelet. Cuitan lain datang dari perempuan pebisnis, Jacqueline Galves. Saya pengusaha dan anggota serikat pekerja. Situasi ini tidak bisa diterima.

Seperti halnya negara-negara Amerika Latin, Cile dikenal sebagai negara dengan dominasi kaum lelaki dalam pemerintahan dan bisnis.Partai kiri tengah Bachelet mendobrak dominasi tersebut setelah memenangi termin kedua pemilu pada 2014.

Reuters / JOY.

Iklan