Norman, si burung laut booby, kemungkinan besar merupakan burung yang terbang paling jauh dari habitatnya dalam sejarah kedirgantaraan. Norman, burung booby berkaki merah, berasal dari zona tropis, ditemukan di pantai selatan Inggris pada awal September lalu atau sekitar 8.000 kilometer dari habitat asli terdekatnya di Karibia. Norman, yang diberi nama oleh penyelamatnya, merupakan booby kaki merah pertama yang tercatat berada di Inggris.

Norman, burung booby kaki merah di habitat aslinya, pantai selatan Inggris.

Norman, burung booby kaki merah terdampar di pantai selatan Inggris. Habitat asli burung booby kaki merah ada di Karibia.

Saat ditemukan, Norman dalam kondisi kelaparan, dehidrasi, dan harus menjalani terapi di bawah sinar lampu selama beberapa bulan di lembaga Royal Society for the Preventiaon of Cruelty to Animals Wildfile untuk memulihkan kondisinya. Juru bicara lembaga itu mengatakan, Sabtu pekan lalu, Norman telah dikembalikan ke habitat aslinya di Cayman Islands.

Burung lucu itu diterbangkan dengan British Airways pada Kamis pekan lalu dengan pengawalan seorang dokter hewan. Pilot Kapten Shaun Griffiths menggambarkan Norman sebagai penumpang paling unik yang pernah dia piloti.

AP / JOY.

Iklan