Pemakaian gula jenis apa pun, pada minuman, berpengaruh sedikit pada total asupan kalori. Studi konsumsi gula paad 30 pria berusia 21-50 tahun di Singaputa menunjukkan konsumsi pemanis rendah kalori kurang membantu program diet. Apa pun jenis gula yang dikonsumsi saat pagi hari, baik gula meja ( sukrosa ), pemanis buatan ( aspartam ), maupun pemanis rendah kalori, responden umumnya mengonsumsi total kalori sama sehari.

Stevia merupakan pemanis dan pengganti gula yang diekstrak dari daun tanaman Stevia rebaudiana. Di tempat asalnya, Paraguay dan Brasil, daun stevia sudah digunakan selama ratusan tahun sebagai pemanis obat-obatan dan teh. Stevia terasa manis berkat kandungan steviol glycosides yang ada di dalamnya. Senyawa tersebut membuat stevia terasa 250-300 kali lebih manis dari sukrosa atau gula biasa. Sumber : Ala Dokter.

Stevia merupakan pemanis dan pengganti gula yang diekstrak dari daun tanaman Stevia rebaudiana. Di tempat asalnya, Paraguay dan Brasil, daun stevia sudah digunakan selama ratusan tahun sebagai pemanis obat-obatan dan teh. Stevia terasa manis berkat kandungan steviol glycosides yang ada di dalamnya. Senyawa tersebut membuat stevia terasa 250-300 kali lebih manis dari sukrosa atau gula biasa. Sumber : Al0 Dokter.

Mereka yang mengonsumsi pemanis rendah kalori saat sarapan mengompensasi saat siang dengan asupan tinggi kalori. ” Energi tersimpan dengan konsumsi pemanis rendah kalori diganti saat makan sian, ” kata perempuan peneliti Siew Ling Tey dari Badan Sains, Teknologidan Riset ( A*STAR ) Singapura, Rabu ( 14/12 ).

Sumber : Kilas Iptek / MZW.

Iklan