Rusia menolak mentah-mentah upaya Jepang melakukan diplomasi puppy love yang ingin memberikan hadiah seekor anjing kepada Presiden Vladimir Putin. Upaya diplomasi tersebut sedianya akan menjadi prolog pertemuan Putin dengan Perdana Menteri Jepang Shinzho Abe, akir pekan ini. Pemerintah Jepang ingin memberikan hadiah seekor anjing kepada Putin, yang dikenal sebagai pecinta anjing, dengan seekor anjing Akita jantan, untuk menjadi pasangan Yume, anjing betina dengan ras yang sama yang diberikan Jepang kepada Putin tahun 2012.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengambil anjing, Bulgaria gembala Buffy (L) dan akita Yume, untuk berjalan-jalan di hutan bersalju di luar Moskow (Gambar: Getty)

Presiden Rusia Vladimir Putin bermain dengan anjing Bulgaria, Buffy (R) dan Akita Yume ( L ), saat berjalan-jalan di hutan bersalju di luar Moskow (Gambar: Getty)

“Sayangnya, saya mendengar dari mitra Rusia bahwa tawaran kita ditolak, ” ujar anggota Parlemen Jepang. Koichi Hagiuda, Jumat lalu, tanpa merinci alasan penolakan Moskwo, Putin dan Abe sedianya akan bertemu di Jepang pada 15-16 Desember. Kedua pemimpin akan membicarakan kembali rencana latihan bersama pertolongan di laut, rencana yang tertunda setelah Rusia menganeksasi Crimea, wilayah Ukrania, pada 2014.

Presiden Rusia Vladimir Putin dan anjingnya yang bernama Yume, yang telah disampaikan kepada Putin oleh Jepang utara Akita Prefecture pada Juli 2012, diterima Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe tiba Abe untuk pertemuan mereka di Sochi, Rusia, di foto ini diambil oleh Kyodo 8 Februari ... REUTERS / File Mandatory credit Kyodo/via REUTERS/Files

Presiden Rusia Vladimir Putin dan anjingnya yang bernama Yume, yang diberikan  kepada Putin oleh Jepang pada Juli 2012. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe tiba untuk pertemuan mereka di Sochi, Rusia. Foto diambil oleh Kyodo 8 Februari. REUTERS / File

Kedua pemimpin juga akan membicarakan isu bisnis. Selain pencinta anjing, Putin juga terkenal sebagai pecinta hewan. Dia sering terekam kamera sedang naik kuda, berenang dengan lumba-lumba. Juga bergurau dengan seekor leopard.

Reuters / JOY.

 

 

Iklan