Hasil uji kemampuan otak anak saat berusia 3 tahun bisa untuk memprediksi masa depan mereka. Studi pada 1.000 anak Selandia Baru yang diikuti hingga dewasa itu diunggah di jurnal Nature Human Behaviour dan diyakini berlaku universal. Studi itu menunjukkan, anak dengan nilai kemampuan bahasa, perilaku gerak, dan kognitif rendah saat berusia 3 tahun, ketika dewasa 80 persennya bertindak kriminal, 78 persen kena penyakit kronis, dan 66 persen perlu bantuan sosial.

Otak kanan mempunyai fungsi untuk menunjang kreativitas dan fungsi dari otak kanan adalah untuk menangani cara berpikir manusia yang kreatif misalnya adalah dalam hal berkomunikasi atau linguistik. Biasanya cara kerja dari otak kanan sudah tersusun dan cenderung tidak memikirkan hal-hal yang terlalu detaol. Misalnya adalah mereka yang bekerja sebagai seniman. Sedangkan fungsi dari otak kiri adalah untuk untuk menangani masalah kecerdasan dalam hal analitikatau dalam hal kecerdasan matematis. otak kiri bermanfaat dan bisa digunakan untuk memahami berbagai hal yang kompleks dan sangat membutuhkan pikiran yang detail. Orang yang mengandalkan otak kiri biasanya berprofesi sebagai peneliti atau scientist.

Fungsi dari otak kanan adalah untuk menangani cara berpikir manusia yang kreatif misalnya dalam hal berkomunikasi atau linguistik. Biasanya cara kerja dari otak kanan sudah tersusun dan cenderung tidak memikirkan hal-hal yang terlalu detail. Bekerjanya otak kanan lebih ke arah keindahan seni yang dilakukan seniman. Sedangkan fungsi dari otak kiri adalah untuk  masalah kecerdasan dalam hal analitik atau dalam hal kecerdasan matematis.

Prof mengatakan, otak kiri bermanfaat dan bisa digunakan untuk memahami berbagai hal yang kompleks dan sangat membutuhkan pikiran yang detail. Orang yang mengandalkan otak kiri biasanya berprofesi sebagai peneliti atau scientist.

Prof Terrie Moffitt mengatakan, otak kiri bermanfaat dan bisa digunakan untuk memahami berbagai hal yang kompleks dan sangat membutuhkan pikiran yang detail. Orang yang mengandalkan otak kiri biasanya berprofesi sebagai peneliti atau scientist.

Nilai rendah itu menunjukkan kurang berkembangnya otak anak akibat kurang stimulasi sejak dini. Itu terjadi pada anak keluarga miskin ataupun ekonomi menengah. Anak tak beruntung yang tak mendapat intervensi dari negara sejak dini akan jadi beban layanan publik dan ekonomi negara.

Namun, pembuat kebijakan umumnya meremehkan dampaknya.” Makin dini anak mendapat dukungan, kian baik hasilnya, ” kata Terrie Moffitt dari Universitas Duke Carolina Utara, Amerika Serikat, Senin ( 12/12 ).

Sumber : Kilas Iptek / BBC / MZW.

Iklan