Replika kapal Titanic berukuran sama persis dengan kapal legendaris itu bakal menjadi sajian Romandisea Seven Star International Cultural Tourism Resort di pinggir Sungai Qijian, Sichuan , Tiongkok. Pembangunan replika itu baru saja dimulai dan ditargetkan selesai akhir tahun depan. Merujuk pada perusahaan yang membangung replika itu, Seven Star Energy Investment Group, hal itu bakal menjadi wahana bertema Mediterania bagi wisatawan di Tiongkok.

Workers lay the keel of a replica Titanic in China's Sichuan province

Replika ini dibangun di daratan yang jaraknya sekitar 1.200 kilometer (745 mil) dari laut. Jika selesai nanti, kapal replika ini panjangnya 269 meter (882 kaki), dengan lebar 28 meter (92 kaki) dan benar-benar menjadi reproduksi dari fitur asli Titanic.

Replika kapal Titanic dibangun di daratan yang jaraknya sekitar 1.200 kilometer (745 mil) dari laut. Jika selesai nanti, kapal replika dengan panjang 269 meter (882 kaki), lebar 28 meter (92 kaki) benar-benar menjadi reproduksi dari fitur asli Titanic.

Total biaya proyek ini diharapkan untuk lari ke sekitar 1 miliar yuan atau sekitar Rp 1,9 triliun.

Total biaya proyek ini sekitar 1 miliar yuan atau sekitar Rp 1,9 triliun. Tidak hanya bentuk luar, interiornya persis kapal raksasa yang hanya berusia beberapa hari itu dan tenggelam setelah menabrak gunung es, juga dibuat ballroom, teater, kolam renang,  dan kamar sesuai aslinya.

Ilustrasi saat kapal Titanic mulai tenggelam sedikit demi sedikit setelah menabrak gunung es.

Ilustrasi saat kapal Titanic mulai tenggelam sedikit demi sedikit setelah menabrak gunung es.

Pengunjung nantinya dapat melihat replika kapal Titanic sesuai aslinya, juga bakal dapat merasakan secara simulatif saat kapal itu menabrak gunung es. Begitu menabrak gunung es, kapal itu perlahan-lahan tenggelam ke dasar laut. Desainer senior sekaligus produser Hollywood, Curtis Schnell, menyatakan sangat terhormat ambil bagian dalam proyek itu.

Miturut dia kepada Skynews, Titanic bukannya sekadar kapal. ” Kami berupaya sejauh mungkin seperti yang benar-benar terjadi, ” katanya.Titanic karam pada 15 April 1912 dalam perjalanan dari Southampton ke New York. Lebih dari 1.500 orang tewas dalam tragedi itu.

UPI / BEN.

Iklan