Petugas kesehatan Texas, Amerika Serikat, Senin ( 28/11 ), melaporkan kasus pertama zika yang kemungkinan ditularkan melalui nyamuk-nyamuk lokal. Texas merupakan negara bagian kedua di AS yang melaporkan penularan lokal virus zika. Kasus ini melibatkan seorang perempuan di County Cameron, dekat perbatasan Meksiko.

Ia bukan perempuan hamil. Kehamilan menjadi perhatian utama dalam kasus zika. Virus ini biasanya menyebabkan cacat seumur hidup pada bayi yang dilahirkan penderita zika, termasuk mikrosefalia ( bayi dengan ukuran kepala kecil ).

Kasus pertama penularan lokal virus Zika di Amerika Serikat telah dilaporkan terjadi di Texas, kata Departemen Kesehatan pada Selasa (2/2). Zika, yang terutama menular melalui gigitan nyamuk Aedes yang terinfeksi, diduga menjadi penyebab cacat pada bayi seperti mikrosefali, atau kepala kecil.

Kasus pertama penularan lokal virus Zika di Amerika Serikat telah dilaporkan terjadi di Texas. Zika, yang terutama menular melalui gigitan nyamuk Aedes yang terinfeksi, diduga menjadi penyebab cacat pada bayi seperti mikrosefali, atau kepala kecil.

Texas adalah salah satu dari beberapa negara bagian AS yang dihinggapi nyamuk penyebar zika. Pusat Pencegahan dan Kontrol Penyakit AS menyatakan bekerja sama dengan petugas lokal meningkatkan pemberantasan nyamuk.

Sumber : Kilas Luar Negeri / Reuters / SAM.

Iklan