Dua bersaudara asal Slowakia memenangi lomba menggali kuburan dalam ekshibisi internasional dengan tema jasa pemakaman, penguburan, dan kremasi, Kamis pekan lalu, di Trencin, Slowakia. Ladislav ( 43 ) dan Csaba Skladan ( 41 ) berhasil menggali kuburan sedalam 1,5 meter dengan panjang 2 meter dan lebar 90 sentimeter dalam waktu 54 menit. Mereka mengalahkan 10 pasang penggali kubur lainnya dari Slowakia, Polandia,dan Hongaria.

” Kami ingin menunjukkan penghargaan kami atas kerja keras para penggali kubur, ” ujar Ladislav Striz, penggagas ekshibisi ini dan mulai menggelar lomba tahun lalu. Kebanyakan kuburan di Slowakia sangat padat dan jarak di antara liang kubur sangat sempit. Kami butuh tenaga manusia daripada mesin, ucap Striz.

Saudara Ladislav (kiri) dan Csaba Skladan dari Slovakia memenangkan kejuaraan makam-penggalian di Trencin, Slovakia, Kamis mana kontestan dinilai berdasarkan ketepatan, kecepatan dan kualitas estetika. FOTO: REUTERS

Ladislav (kiri) dan Csaba Skladan dua bersaudara dari Slovakia memenangkan kejuaraan penggalian makam di Trencin, Slovakia, Kamis.  Peserta kontestan dinilai juri berdasarkan ketepatan, kecepatan dan kualitas estetika lubang kubur yang rapi. Foto :  Retuters.

Mereka bekerja sangat keras, kadang dengan banyak lapisan es di tanah, katanya. ” Saya sangat bahagia memenangi kontes ini setelah 15 tahun menekuni profesi penggali kubur, ” ujar Csaba Skladan. Dalam lomba ini, juri menilai hasil galian dari sisi kecepatan, akurasi, dan estetika. Dan memang hasil galian Skladan bersaudara sangat rapi.

Reuters / JOY.

Iklan